Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Saat ini, semakin banyak produk perawatan kulit yang beredar di pasaran, salah satunya adalah sunscreen dan sunblock. Kedua produk ini memiliki peran penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Namun, tahukah anda bahwa sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan yang cukup signifikan?

Pertama-tama, mari kita bahas tentang sunscreen. Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang bekerja dengan cara menyerap sinar UV sehingga tidak merusak kulit. Sunscreen biasanya memiliki SPF (Sun Protection Factor) yang berbeda-beda, mulai dari SPF 15 hingga SPF 50 atau bahkan lebih. Semakin tinggi nilai SPF, semakin tinggi pula tingkat perlindungan dari sinar UV.

Sementara itu, sunblock bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas kulit untuk menghalangi sinar UV agar tidak meresap ke dalam kulit. Sunblock biasanya mengandung bahan mineral seperti titanium dioxide atau zinc oxide yang bekerja sebagai reflektor sinar UV. Sunblock cenderung lebih cocok digunakan untuk kulit sensitif atau kulit yang mudah iritasi karena tidak mengandung bahan kimia.

Jadi, bagaimana kita bisa memilih antara sunscreen dan sunblock? Jika Anda memiliki kulit sensitif atau mudah iritasi, sebaiknya pilih sunblock. Namun, jika Anda memiliki kulit normal atau tidak sensitif, sunscreen mungkin akan lebih cocok untuk Anda. Selain itu, pastikan juga untuk memilih produk dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan selalu mengaplikasikan produk tersebut sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Dengan memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock, kita bisa lebih mudah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Jangan sampai salah pilih ya, karena melindungi kulit dari sinar UV sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit dan risiko penyakit kulit yang lebih serius. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih produk perawatan kulit yang tepat.

You may also like